Rabu, 26 Juli 2017

PENGERTIAN GERAK DAN GERAK LURUS

Pengertian Gerak dan Gerak Lurus serta Contoh Gerak Lurus


Nah...  Kali ini kita akan membahas tentang GERAK ๐Ÿ˜€

Pengertian Gerak

Sebuah benda dikatakan bergerak jika posisinya berubah terhadap suatu titik acuan. Panjang lintasan yang ditempuh benda bergerak disebut jarak. Sementara itu, perubahan posisi benda terhadap titik acuan disebut perpindahan. Dan titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak disebut lintasan.

Jadi, pengertian Gerak adalah perubahan posisi atau kedudukan suatu benda terhadap titik acuan tertentu. 

Pengertian Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak karena mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Nah, tahukah kamu apakah titik acuan itu?
Titik acuan adalah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda. Adapun titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak disebut lintasan.
Sebenarnya, benda yang ”diam” dapat juga dikatakan bergerak. Hal ini bergantung pada titik acuan yang dipakai dan kedudukan benda yang berubah terhadap titik acuannya.

Berdasarkan pengertian tersebut, penumpang mobil dan pesawat dapat dikatakan bergerak. Jika kamu memandang mobil sebagai titik acuan, maka penumpang mobil dikatakan diam. Sedangkan jika kamu memandang landasan pesawat sebagai acuan, maka penumpang pesawat dikatakan bergerak terhadap landasan.

Nah, apakah kesimpulan yang kamu dapatkan mengenai pengertian gerak itu? Suatu benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jika mengalami perubahan kedudukan terhadap benda lain yang dijadikan titik acuan.

Gerak lurus adalah suatu gerak yang mempunyai lintasan lurus. 

Contoh Gerak Lurus

 Mobil yang berjalan di jalan lurus dan kereta api yang berjalan merupakan contoh gerak lurus.

Hasil gambar untuk gambar gerak lurus Hasil gambar untuk gambar gerak lurus



TERIMAKASIH 


Sumber : 
http://chordgitar251.blogspot.co.id/2016/09/pengertian-gerak-dan-gerak-lurus-serta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Cari Tahu Yukkk !!! Template designed by Juvmom - Sesukamu